10 Buku Paling Langka dan Paling Dicari di Dunia versi 1

Dewa ilmu pengetahuan, Carl Sagan, sekali dengan bijak mengatakan bahwa Buku mampu mematahkan belenggu waktu. Buku merupakan bukti bahwa manusia dapat bekerja dengan “sihir". Buku buku berikut merupakan buku super langka di dunia dan banyak / paling dicari oleh kolektor buku dan benda kuno kaliber dunia.  Sebagian merupakan dokumen politik edisi terbatas sampai dengan  buku cerita menarik dari alam semesta Harry Potter. Inilah adalah top 10 buku paling langka di dunia itu!

Alkitab Gutenberg
Alkitab Gutenberg adalah buku pertama yang pernah dicetak di dengan mesin press. Hanya tersisa 48 salinan yang bernilai sekitar $ 7.000.000 untuk masing-masing buku tersebut, karena kelangkaan, nilai budaya, dan huruf cantik dalam buku tersebut. Buku tersebut dibuat pada 1455 oleh Johannes Gutenberg, seorang pandai besi Jerman yang menjadi terkenal atas penemuan pertama mesin cetak. Sebelum revolusi besar ini, setiap buku harus disalin dengan tangan (manual) oleh ahli-ahli Taurat, yang memakan waktu lama dan menyebabkan banyak inkonsistensi dari hasil menyalin. Alkitab Gutenberg dibuat dalam era baru teknologi informasi, di mana setiap buku identik, konsisten,  dirancang dengan indah, dan cepat tersedia untuk jumlah yang banyak.


Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat
Anda dapat membaca Deklarasi Kemerdekaan kapan saja Anda inginkan dengan Googling di internet. Tapi untuk mendapatkan salinan cetakan pertama dari Deklarasi, yang disebut "Dunlop broadside" akan sangat susah sekali. Sekitar 200 eksemplar dicetak pada 4 Juli 1776 untuk tokoh-tokoh seperti Thomas Jefferson, John Adams, dan Benjamin Franklin. Namun hanya 26 eksemplar bertahan sampai hari ini. Luar biasa, satu ditemukan di belakang sebuah lukisan yang telah dibeli di pasar loak hanya empat dolar! Nilai pasar "Dunlop broadside" adalah sekitar $ 9.000.000 , yang menemukan benar benar orang yang beruntung. Jarang sekali ada investasi yang menghasilkan 2.250.000% dalam satu hari!


Kitab Urizen
William Blake adalah salah satu orang yang dianggap aneh dalam sejarah. Orang- orang sezamannya berpikir bahwa dia sedikit gila. Sedikit yang tahu bahwa suatu hari ia akan dipuji sebagai salah satu penyair terbesar  berbahasa Inggris. Dia menulis buku dengan tema besar filsafat yang dipersonifikasikan sebagai malaikat, monster, dan karakter folkloric, dan meng-ilustrasikan karyanya dengan lukisan rinci. Kitab Urizen adalah salah satu buku karyanya yang paling terkenal, petualangan mitis tentang bahaya terasing. Hanya ada 8 salinan lengkap itu bertahan sampai saat ini, salah satunya dijual seharga $ 2,5 juta pada tahun 1999. 


Codex Leicester
Otak Leonardo da Vinci sangat penuh dengan penemuan futuristik, wawasan medis, dan observasi astronomi, dan Codex Leicester adalah sebuah buku di mana ia menempatkan semuanya ide yang ada dalam otaknya. Buku ini merupakan yang paling terkenal dari semua jurnal ilmiah. Codex terdiri atas 72 halaman panjang dan penuh sesak dengan berbagai macam ide ide terkenal ini. Buku ni dibeli oleh Bill Gates pada tahun 1994 dengan harga $ 30.802.500. Harga ini  menjadikan buku ini menjadi naskah yang paling mahal yang pernah dijual. Gates mengatur agar buku Codex Leicester ini ditampilkan di kota yang berbeda setiap tahun. Siapa tahu tahun ini dipamerkan di Indonesia, kota Anda giliran berikutnya!


The Birds of America
Pada 1820, naturalis legendaris John James Audubon memutuskan untuk menuliskan setiap spesies burung di Amerika Utara. Hasilnya adalah koleksi indah lukisan yang sangat rumit berjudul The Birds of America. Satu lukisan di publish kepada pelanggan antara 1827 dan 1838. Seri lengkap bahkan termasuk beberapa burung yang sekarang sudah punah, seperti Passenger Pigeon, the Great Auk, and the Carolina Parakeet. Setiap halaman buku berharga ribuan dolar masing-masing. Dan koleksi lengkap terakhir dijual pada tahun 2012, sebesar $ 8 juta. Digambarkan di dbawah ini adalah render cantik Audubon dari flamingo Amerika.


Sumber : www (dot) sparknotes (dot) com

8 comments:

  1. Yang dari Indonesia tidak ada ya

    ReplyDelete
  2. History of Java 1st edition 1817 dan oud en Nieuw Oost-Indien 1st edition juga buku yang paling dicari. Harganya pun mahal mencapai puluhan ribu dollar.

    ReplyDelete
  3. Saya punya buku HET BOEK VAN DE MAAND (Ridder templar) tahun brapa kurang tau..yg jelas buku di tulis di kertas merang jaman dulu.kondisi sudah usang tp msh utuh dan msh jelas terbaca..kira2 klo di jual laku brapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu saya kurang paham, tinggal peminatnya dikalangan kolektor buku seperti apa....

      Delete
  4. Saya ada novel pinnocio berbahasa belanda,juga bbrp novel kuno karl may. Pinnocio karya C Collody tidak ada tahun terbitan, mungkin sekitar 1890 an atau awal 1900.panggih07@gmail.com

    ReplyDelete